Kuliner


Soto Pites Mbah Galak Pasar Beringharjo
Alamat: Blok T 2, Pasar Beringharjo Yogyakarta
Harga: Rp 10.000 / porsi + teh hangat
 
Soto Pites Mbah Galak, bisa dijumpai hanya di dalam komplek Pasar Beringharjo. Buka dari pagi sekitar jam 6.00 sampai habis. Disebut "Soto Pites" karena dalam penyajiannya penjual menggilas cabenya dalam mangkok dengan sendok atau dalam bahasa jawa disebut "pites". Anda bisa meminta kadar kepedasannya dari tidak pedas atau tanpa cabe, "mondo-mondo" atau sedang, dan pedas.

Warung soto ini telah menjadi langganan saya dan keluarga sejak 20 tahun yang lalu. Semula warung ini dikelola oleh Mbah Galak, tetapi setelah beliau meninggal warung tersebut diwariskan kepada keponakaannya. Rasa dan cara penyajiannya pun relatif masih sama dengan pendahulunya.

Soto Pites ini adalah salah satu makanan yang pantas dicicipi, sebab kelezataannya telah diakui banyak orang. Soto ini terdiri dari daging sapi yang mempunyai tekstur yang empuk dan lezat, ditambah dengan kecambah yang dipadu dengan kuah soto yang menggoyang lidah. Apalagi jika kita tambahkan cabe "pites" yang pedas, uuuuh..yummy.

Jika anda berkunjung atau berbelanja di pasar Beringharjo tidak ada salahnya jika mencoba mencicipi Soto Pites Mbah Galak yang sangat melegenda.




Bon appétit
Setiawan